bagi teman-teman yang pernah merasakan bagaimana susahnya ketika kita harus telat kerja, atau bahkan kehilangan kesempatan emas karena kendaraan kita mogok di tengah jalan, di tambah lagi jika harus terbebani ongkos mobil derek, apabila kendaraan kita mogok di tempat yang jauh dari bengkel.
ufh.... menjengkelkan sekali bukan?.....
nah.... berikut ini akan saya jelaskan bagai mana cara merawat kendaraan agar tetap prima dan siap mengantar kita kemanapun tujuan kita, tanpa harus di pusingkan dengan permasalahan kendaraan mogok.
bagi yang terbiasa merawat kendaraanya di diler resmi, tentunya faham dengan service yang di namakan perawatan berkala.
nah... sekarang teman-teman bisa melakukan perawatan berkala di bengkel atau montir langganan anda dengan kualitas sama dengan service di diler resmi. asalkan teman-teman mengerti beberapa hal yang akan saya jelaskan berikut ini:
1. periksa oli mesin dan air radiator sebelum anda menghidupkan mesin untuk warming up.
2. periksan minyak rem dan tekanan angin ban setiap hari sebelum bepergian
3. lakukan setiap 5000km ( safety service)
- ganti oli mesin dan filter oli (oli yang sesuai standar)
- bersihkan saringan udara ( jika anda di daerah yang polusi udaranya tinggi maka lakukan setiap 3000km)
- periksa oli transmisi dan oli gardan
4. lakukan setiap 10.000km (intermediate service)
- ganti oli mesin dan filter oli
- bersihkan saringan udara
- periksa busi dan bersihkan jika perlu ( jika anda menggunakan busi iridium atau platinum maka tidak perlu)
- periksa oli transmisi dan oli gardan
5. lakukan setiap 20.000km ( major service 1 )
- ganti oli mesin dan filter oli
- bersihkan saringan udara (ganti jika perlu)
- ganti busi ( jika anda menggunakan busi iridium atau platinum tidak perlu)
- periksa dan stel pelatina ( jika bukan mesin efi )
- ganti oli transmisi dan oli gardan
- periksa tali kipas ( ganti jika perlu )
- bersihkan saringan bensin ( ganti jika perlu)
- periksa kanpas rem ( stel jika perlu )
6. lakukan setiap 40.000km ( major service 2 )
- ganti oli mesin dan saringan oli
- ganti saringan udara
- ganti oli transmisi dan oli gardan
- ganti air radiator
- ganti busi
- ganti platina dan kondensor ( jika bukan mesin efi )
- ganti tali kipas
- ganti saringan bensin
- periksa kanpas rem ( ganti bila perlu )
mungkin teman-teman tidak bisa melakukanya sendiri, tapi jika teman- teman sudah mengerti porsedurnya maka anda tinggal berikan perintah kerjanya sama montir atau bengkel langganan anda dan pastikan sudah dilakukan dengan benar. karena menyangkut kenyamanan anda dalam mengendarakan kendaraan anda.
ikuti terus tips dan artikel tentang mesin kendaraan bermotor dan technology otomotive terkini hanya di www.cakrudd-nusantara.blogspot.com
by: cakrudd